Selasa, 08 November 2011

SERBA - SERBI MENATA KAMAR TIDUR

ImageSalah satu ruang yang bersifat pribadi dalam sebuah rumah tinggal adalah kamar tidur. Karenanya desain kamar tidur harus bersifat menyenangkan bagi penghuninya.
Beberapa hal yang harus diperhatikan saat mendesain kamar tidur adalah besaran dan bentuk ruang, posisi kamar tidur, ukuran bukaan pintu dan jendela, tata lampu, tema warna serta material yang digunakan. Selain hal tersebut, elemen pengisi ruang juga turut berperan, seperti bentuk furniture serta aksesoris pendukungnya seperti lukisan, lampu. ImageBentuk tempat tidur sebagai pelengkap utama dalam kamar tidur, sangat menentukan terciptanya kenyamanan. Dilihat dari macamnya, ada berbagai jenis tempat tidur,  mulai dari yang lesehan, berpilar hingga bertingkat. Tempat tidur lesehan yang langsung ditempatkan tanpa atau dengan alas di atas lantai sangat cocok untuk kamar tidur yang cenderung kecil. Jenis ini biasanya disukai oleh remaja atau mereka yang berjiwa muda.Jika ingin tampil beda, bisa digunakan lembaran plywood setinggi 10cm sebagai alas. Ukuran alas tidak pas sesuai Imagedengan ukuran kasur, tapi sengaja dilebihkan sampai ke batas dinding dari kaki tempat tidur. Dengan demikian tempat tidur seakan berada di atas panggung.
Bentuk lain adalah panel bed dilengkapi dengan kasur variasi ukuran. Tempat tidur ini terbuat dari berbagai macam material, mulai dari kayu, metal, bamboo, rotan, dengan gaya klasik, etnik dan modern kontemporer. Panel juga bisa dikreasikan menjadi bentuk fungsional seperti sebagai rak penyimpanan di backhead tempat tidur.
Kemudian ada tempat tidur yang mempunyai empat pilar penyangga utama, bersusun-sorong, susun tangga, berplafon, berkanopi, dan ada yang menyatu dengan tempat penyimpanan. Ada juga bentuk sofabed yang multifungsi, yang bisa dimanfaatkan untuk ruang-ruang terbatas.
Untuk melengkapi interior,  bisa ditempatkan night stand, side table, bench (biasa terletak di kaki tempat tidur), drawer lingerie chest (tempat penyimpanan pakaian dalam), meja rias dan puff, lemari pakaian, credenza dan beberapa hiasan seperti jam, telepon, lampu duduk, serta frame lukisan atau foto pribadi.
ImageImageSelanjutnya, soft material seperti bedding set, upholstery, dan tirai yang didesain dengan cermat juga makin menambah cantik kamar tidur. Pilih motif sesuai selera, sebisa mungkin dalam satu kesatuan tema antara satu dengan lainnya. Mari berkreasi dalam kamar tidur, hingga tercipta ketenangan, kesegaran dan kenyamanan. Anda pun bisa betah berlama-lama di kamar tidur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar